MODUL 6 : PENCIPTAAN KARYA MUSIK ANAK SD
TES FORMATIF 1
1. Motif :
a.
Sekuens naik
'&==4=;===R==Â!==T==:=T=Ä!=V=:===!
b. Pembesaran nilai
'&==4=;===R==Â!==T==:==b==!=R³=R=d=!
c.
Inversi
'&==4=;===R==Â!==T==:=V=Æ!=T=:===!
d. Repetisi
'&==4=;===R==Â!==T==:=R=Â!=T=:===!
2. Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan lirik lagu untuk anak SD
adalah :
a.
Kesesuaian tema dengan kehidupan/kejiwaan anak
b. Kesesuaian aksen lirik dengan aksen muaik/melodi
c.
Liriknya disesuaikan dengan bahasa dan lingkungan
anak.
TES FORMATIF 2
1. Pola ritme dasar dari lagu “Pelangi” ciptaan AT. Mahmud, dengan menggunakan
tipe ketukan dua.
'&==Û4==T==!=X==X==X==X=!=h===:===X==!=W==V==U==V=!=g==:===!
2. Pola ritme dasar dari lagu “Ibu Kita
Kartini” ciptaan WR. Supratman, denganmenggunakan tipe ketukan dua.
'&==¢4=S³T=U=V!=W·=U=c==!=X¹==Z=Y==X==!==========!
3. Pola ritme dasar dari lagu “Burung
Kakaktua” Lagu Daerah Maluku, dengan menggunakan instrumen gitar.
Mel '&==3==V=!=f=====T=!=i=====T=!=c³======!=S=:====
Gitar '&==3==:=!=:==V==V=!=:==V==V=!=:==V==V=!=V=:====
4. Alat musik yang digunakan untuk
memainkan alat musik di SD adalah instrumen musik umum maupun alat musik
daerah. Alat musik tersebut dipilih berdasarkan kemampuan/keterampilan anak
didik. Instrumen perkusi dapat digunakan yang bernada (pitch) dan instrumen
tidak bernada (unpitch) seperti ; drumset, kendang, kentongan, tifa dll.
5. Untuk membuat pola ritmik yang
sesuai dengan suatu lagu adalah dengan menyesuaikan antara ritme melodi dan
harmoni/gerakan akor lagu tersebut dan memilih instrumen yang sesuai
dengan karakter lagu yang akan dibuat pola ritmiknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar